5G Readiness: Edge and Computing Cloud dan MEC (Mobile Edge Computing)

Webinar 11 November 2020 – Telkominfra kembali mengadakan kegiatan 5G Webinar Series, pada kesempatan ini Telkominfra berkolaborasi dengan Google dan Hewlett Packard Enterprise yang diselenggarakan melalui Aplikasi CloudX. Webinar dengan tema 5G Readiness: Edge and Computing Cloud dan MEC (Mobile Edge Computing) ini dihadiri participant dari Internal Telkom Group.

Sesi pertama Webinar dengan tema 5G Readiness: Edge and Computing Cloud menjelaskan tentang persiapan Google dalam implementasi 5G berupa Google Cloud. Nantinya 5G akan menjadi Network Virtualize yang bisa dimasukan ke dalam Cloud. Network Virtualize yang mature di sebut sebagai Anthos, yang akan dibuat dan disesuaikan dengan kebutuhan customer. Teknologi ini bukan hanya cloud tapi juga dapat digunakan sebagai Infrastruktur Telecommunication. Hal ini dikarenakan5G Telco sudah divirtualisasi dengan cara Open RAN agar dapat disimpan di Cloud dan mudah untuk diakses.

 

Pada sesi kedua, HPE yang mengusung tema MEC (Mobile Edge Computing) membahas mengenai Solusi 5G Network untuk menetapkan solusi computing dengan pelanggan atau edge, bahwa setiap service/aplikasi/network yang ada pada cloud menjadi lebih cepat dalam penambahan subscriber.

Dari kegiatan webinar yang telah dilaksanakan sudah memasuki series yang ke 4, harapannya Telkominfra bersama dengan Google dan Hewlett Packard Enterprise dapat memberikan insight pengimplementasian network 5G untuk mendapatkan fleksibilitas dan kemudahan dalam pengembangan dan pengoperasion network 5G.