Help Me Help You

Digitalisasi proses bisnis merupakan bagian dari proses transformasi di Telkominfra, mulai dari sales, delivery, finance hingga ke procurement. Transformasi digital menyangkut aspek people,  process, tools yang tidak bisa terjadi secara instan hanya dengan mengenalkan tools maupun aplikasi digital. Project management sebagai inti dari proses delivery  juga sudah bergerak ke arah digital, dengan goal utama menjalankan project secara tepat waktu, tepat biaya dengan kualitas yang memadai sesuai dengan rencana. Tools yang digunakan untuk proses ini adalah PRIMA (Project Information Management for Telkominfra), sebuah in house development tools  yang dirancang untuk memenuhi keperluan tracking, monitoring sampai dengan proses reporting atas project-project yang sedang berjalan dengan keragaman jenis pekerjaan sesuai dengan protofolio produk Telkominfra.

Penerapan penggunaan PRIMA ini tidak bisa berjalan sendiri tanpa pengawalan secara konsisten, mentalitas disiplin serta dukungan dari top management memiliki peran penting dalam kelancaran proses implementasi. Tantangan demi tantangan saya rasakan sebagai leader project PRIMA selama masa pengawalan project, upaya menyeimbangkan antara kebutuhan sistem dengan kemudahan proses update data bagi tim operasi merupakan tujuan agar aplikasi ini dapat digunakan secara berkelanjutan. Satu hal yang terus digaungkan adalah jangan sampai hasilnya tidak sepadan dengan upaya yang dijalankan, baik dalam proses update data, perbaikan sistem PRIMA, dan pelaporannya. Bukan perkara mudah menerapkan proses baru yang membutuhkan pergeseran mindset dari orang-orang yang terlibat, sambil terus berupaya memperbaiki dan menyesuaikan aplikasi PRIMA ini.

Saya patut bersyukur bahwa upaya-upaya ini mulai membuahkan hasil, atas hal ini dilihat dari disiplin operasi yang ditunjukkan tim operasi dalam implementasi PRIMA yang mendapatkan apresiasi oleh manajemen, hasil laporan dari sistem mulai digunakan oleh tim dari direktorat keuangan sebagai acuan laporan bulanan. Perbaikan sistem  dan proses berdasarkan masukan secara terus menerus bisa ditindakalnjuti dengan baik oleh tim developer guna perbaikan berkelanjutan. Kendala yang ditemukan dalam proses penggunaan PRIMA tidak membuat tim terlibat untuk menyerah pada keadaan, melainkan menjadi sebuah pembuktian tim untuk melakukan dan menghasilkan kerja terbaik dalam proses penggunaan PRIMA.

Atas pengalaman dari implementasi project PRIMA memberikan bukti nyata bahwa insan Telkominfra mampu beradaptasi, berkolaborasi secara harmonis tanpa tersekat silo-silo unit serta terus berupaya meningkatkan kompetensi digital. Semangat yang dijalankan adalah “bantu saya agar saya dapat membantu Anda”, karena dengan semangat inilah perbaikan di people, process , tools dapat dijalankan. Menjadi kebanggan tersendiri bagi saya untuk menjadi bagian dari keluarga besar ini.