PERESMIAN SKKL SLM (SABANG-LHOKSEUMAWE-MEDAN)

Kamis, 7 November 2019. Pantai Kuala Putri, Medan, Sumatera Utara – Direktur Utama Telkominfra Bob Apriawan menghadiri Peresmian pembangunan SKKL (Sistem Komunikasi Kabel Laut) untuk SLM (Sabang-Lhokseumawe-Medan) yang turut dihadiri oleh Pak Dzulhelfi Abidin selaku Direktur NITS TelkomGroup sebagai pemilik proyek. Selain Dir. NITS turut serta para  jajarannya yaitu EGM PND Bpk Amperandus Simanjuntak, EGM DSO Bpk Lukman Hakim dan EGM DSS Bpk Abdi Mulyanta Ginting untuk melakukan peresmian tersebut.

Sesuai kontrak dengan Telkom yang telah ditandatangi pada tanggal 9 November 2017 adapun Scope Of Work proyek ini meliputi pekerjaan Marine service, Material Submerged Plant, OSP (Out Site Plant) Land cable dan SLTE (Submarine Line Termination Equipment).

Proyek SLM (Sabang Lhokseumawe Medan) sepanjang 625 km terdiri dari 2 segmen yaitu :  Segmen 1 Medan – Lhokseumawe ( 370 km) dan Segmen 2 Lhoksuemawe – Sabang (255 km).

Pekerjaan ini di mulai dengan melakukan survey landing point dan marine survey di area Sabang, Lhokseumawe dan Medan tepatnya di Pantai Kuala Putri. Setelah itu penggelaran kabel laut di mulai dari Sabang ke Lhokseumawe dan berakhir di pantai kuala putri medan sebagai landing point dari project ini. Secara bersamaan untuk kabel daratnya di gelar dari landing point Sabang ke STO Telkom Sabang, Landing Point Lhokseumawe ke STO Telkom Lhokseumawe dan Landing point Kuala Putri ke TLS (Telkom Landing Station) Kuala Putri, Medan. Dengan berfungsinya SKKL SLM yang berada di T-reg (Telkom-Regional) 1 diharapkan pelayanan komunikasi yang dimiliki Telkom Group akan menjadi lebih maksimal dan menjadi keuntungan lebih bagi pelanggan di area T-reg 1.

Telkominfra sendiri telah melakukan pencapaian yang luar biasa dalam menyelesaikan pekerjaan sistem komunikasi kabel laut (SKKL) Repeterless Submarine Construction yang totalnya mencapai 1,678KM (Telkom) dan 1,100 untuk Palapa Ring Tengah dan Palapa Ring Timur.  Atas pencapaian tersebut Telkominfra diberi kepercayaan kembali untuk melakukan proyek penggelaran SKKL SLM.