Rakuten Mobile Japan Story and 5G Deployment Experience

Webinar 21 Oktober 2020 – Rangkaian 5G Webinar Series yang diadakan Telkominfra kali ini berkolaborasi dengan RAKUTEN dengan mengangkat tema Rakuten Mobile Japan Story and 5G Deployment Experience yang dihadiri oleh sekitar 265 Participant dari internal Telkom Group.

Rabih Dabbousi selaku pembicara dari Rakuten menjelaskan bagaimana 5G dapat membantu aktivitas harian pada era digitaliasi dan kemajuan telekomunikasi. Rakuten banyak menyinggung akan manfaat dan kelebihan dari negara-negara yang telah menggunakan 5G, pada kegiatan mereka dari segala aspek dan kemampuan dari 5G itu sendiri. Salah satu contohnya pada Japanese telco market disruption yang setelah mengembangkan 5G dapan menurunkan average revenue per user (ARPU) dari $60-$80 perbulan menjadi $27 perbulan pencapaian yang terbilang sangat baik untuk ARPU sendiri.

Dari kegiatan webinar yang telah dilaksanakan dan sudah memasuki series ke-3, harapannya Telkominfra bersama dengan Rakuten dapat memberikan insight mengenai implementasi 5G dan kelebihan yang dimiliki oleh 5G dalam bidang telekomunikasi khususnya di Indonesia dan potensi bisnis apa saja yang dapat dikembangkan oleh Telkominfra untuk kedepannya terkait pengembangan 5G.