Team  TelkomInfra Pimpin Percepatan Recovery Gangguan Kabel Laut SMPCS

 

Pada tanggal 26 oktober 2016 Telkominfra mendapatkan perintah untuk melakukan perbaikan di area sekitar Jayapura dan tanggal 31 Oktober 2016 PT Telkominfra dengan kapal CS Nusantara Explorer mulai bergerak untuk melakukan perbaikan pada SMPCS (Sulawesi Maluku Papua Cable System) dekat dengan Jayapura. Perbaikan terletak sekitar 9.3km dari Stasiun Landing Terminal Jayapura, Papua barat. Di kedalaman air sekitar 1200m dengan lereng terjal yang ekstrim.

Tanggal 31 Oktober 2016, kapal CS Nusantara Explorer mulai jalan menuju Jayapura setelah menyelesaikan loading stock kabel 20km, 10km dan 4,535km kabel OCC SA. Kapal tiba di pelabuhan Jayapura pada 6 November 2016. Bergabungnya  Perwakilan dari PT Telkom Indonesia di kapal bersama dengan tim dari  Telkominfra beserta kru di kapal CS Nusantara Explore agar terjadi sinergi dalam melakukan perbaikan yang cepat dan efisien.

Seperti di ketahui SMPCS (Sulawesi Maluku Papua Cable System) merupakan tulang punggung komunikasi Papua ke bagian Indonesia lainnya dan ke seluruh dunia. Sehingga solusi normalisasi terhadap gangguan pada link tersebut merupakan prioritas utama yang dikawal ketat oleh Telkom dan Telkominfra.

Setibanya di lokasi, kapal diatur untuk mulai melakukan uji coba sepanjang rute holding drive pertama di sepanjang bagian Selatan dari sistem kabel SMPCS. Pemeriksaan awal dimulai pada tanggal 7 November. tidak ada tanda-tanda goresan atau kerusakan di mana alat-alat pendukung perbaikan telah melalui dasar laut, dan hanya sedikit bukti dari tanah liat yang ditemukan menandakan kedalaman dan dasar laut yang sangat sulit.

Penyambungan kabel awal di mulai pada 14 November 2016 setelah ditemukan bagian-bagian kabel yang rusak sebelum perbaiakan akhir dilakukan dan serat optik telah di uji dan hasilnya bagus dan stabil. Dengan sambungan awal selesai pada 15 November 2016 kapal di arahkan kembali menuju Jayapura. Dan tanggal 17 November 2016 jaringan dinyatakan telah pulih kesediakala.

Team Telkominfra hanya membutuhkan waktu kurang dari satu minggu untuk menemukan kerusakan setelah melakukan berbagai tindakan-tindakan awal untuk menemukan titik kerusakan dan menetukan tindakan teknis yang cepat dan efisien agar jaringan bisa normal kembali dan kurang dari 24 jam untuk memperbaiki kerusakan pada jaringan SMPCS agar konsumen tidak di rugikan dengan ada nya kerusakan-kerusakan tersebut.

Telkom bersama TelkomInfra anak perusahaan yang yang bergerak dalam pengelolaan infrastruktur telekomunikasi, berusaha melakukan perbaikan dengan skenario tercepat dan aman yang bisa dilakukan.  selama ini Telkominfra selalu melaksanakan recovery lebih cepat dari target yang diberikan Telkom dengan hasil yang memuaskan.





Categories

EVENT NEWS

Latest posts

16 August 2017
Telkom Infra raih kontrak Marine Maintenance SEA-US west part

JAKARTA (IndoTelko) - PT Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia atau Telkom Infra yang tergabung dalam Konsorsium Bisnis Submarine Cable (BSC) berhasil memenangkan kontrak pemeliharaan Sistem Komunikasi Kabel Laut yang menyambungkan Asia Tenggara (South East Asia) – United States (Amerika S...

21 March 2017
Telkom Infra berkontribusi di Proyek 35 ribu MW

JAKARTA (IndoTelko) - PT Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia (Telkom Infra) ikut berkontribusi dalam pembangunan program pembangkit listrik 35 ribu Mega Watt (MW) yang dihelat pemerintah untuk kedaulatan energi nasionalDalam rilisnya dinyatakan, pada Jumat (17/3) lalu bertempat di Kantor Pusat...

22 February 2017
RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM TAHUNAN PT. INFRASTRUKTUR INDONESIA TAHUN BUKU 2016

Rapat Umum Pemegang Saham Telkom Infra tanggal 22 Februari 2017 di ruang Desruptive GMP Telkom Jakarta, yang dihadiri perwakilan pemegang saham, dewan komisaris, dewan direksi, notaris, dan para undangan. Hasil RUPS menyepakati laporan keuangan tahun buku 2016, penggu...

Tags

telkom cable submarine cablelaying

Page Counters