Telkominfra Gelar Kabel Laut Hingga Ujung Timur Indonesia

Pada Maret 2021 Telkominfra melalui portofolio Submarine Cable Service telah resmi menyelesaikan proses penggelaran kabel laut untuk wilayah Timur Indonesia. Pekerjaan penggelaran kabel laut sepanjang 152 km bernama SKKL Raba-Bajo yang meliputi wilayah dari Nusa Tenggara Timur, Kepulauan Bima, sampai dengan Labuan Bajo dapat terselesaikan dalam kurun waktu dua bulan. SKKL Raba-Bajo merupakan pekerjaan laying cable ship yang bertujuan sebagai pemenuh kebutuhan terhadap broadband untuk wilayah Labuan Bajo, yang merupakan salah satu kawasan strategis objek wisata yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Dalam proses penggelaran SKKL Raba-Bajo Telkominfra menggunakan vessel DNeX Pasific Link dengan bendera Indonesia, adapun tahapan dalam proses penggelaran yaitu penentuan landing, desktop study, marine survey, material production sampai pada proses utama yaitu tahap penggelaran. Atas pekerjaan Raba-Bajo hal ini selaras dengan tujuan kolaborasi yang dilakukan antara Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dengan PT Telkom Indonesia untuk menyediakan layanan digital terintegrasi di lima destinasi pariwisata super prioritas Nasional, salah satunya yaitu Labuan Bajo. Selain itu, Labuan Bajo juga menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang akan segera mendapatkan layanan 5G.

Dengan selesainya pekerjaan SKKL Raba-Bajo ini, Telkominfra berharap layanan telekomunikasi Telkom Indonesia untuk wilayah Timur Indonesia semakin baik dengan performa unggulannya. Terlebih bagi masyarakat setempat semoga jaringan komunikasi ini dapat sebagai sarana penunjang untuk memajukan pariwisata di Indonesia bagian Timur. Selain itu, layanan maksimal dari Telkom Group ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam mempercepat akses telekomunikasi di Indonesia khususnya daerah objek wisata.