Telkominfra menyelesaikan perbaikan SKKL JASUKA (Jawa Sumatera Kalimantan)

Batam, 3 Oktober 2021 – Telkominfra Submarine Cable Service telah menyelesaikan proses perbaikan kabel laut untuk wilayah JASUKA (Jawa, Sumatera & Kalimantan).  Gangguan terjadi pada titik jarak 2,400M dari BMH (Beach Man Hole) tanjung pinggir Batam pada hari Minggu tanggal 19 September 2021 pukul 17.33 dengan kedalaman laut 50M.  Diduga gangguan terjadi karena terseret oleh jangkar kapal yang mengakibatkan kabel bawah laut putus.

Dalam proses perbaikan SKKL JASUKA Telkominfra menggunakan vessel CS DPL (Dnex Pasific link) dan tim penyelam, adapun tahapan dalam proses perbaikan yaitu seperti dilakukan pencaran kabel oleh penyelam menentukan lokasi kabel putus.  Jika sudah ditemukan kapal CS DPL sebagai kapal utama dalam melakukan perbaikan sekaligus penyambungan kembali kabel putus menggunakan Spare CableSpare Cable dikirim dengan Supply Vessel dari makasar ke Jakarta selanjutnya dari Jakarta dikirim ke Batam menggunakan Cargo Charter melalui pesawat udara guna mempercepat pengiriman Spare Cable.

Setelah dilakukan perbaikan pada kabel optik, Telkominfra memastikan kabel bawah laut berfungsi kembali tanpa adanya gangguan, proses penyambungan kabel membutuhkan waktu kurang lebih 60 jam.  Selanjutnya dilakukan penyambungan kembali kabel yang sudah perbaiki ke dalam laut.

Dengan selesainya pekerjaan SKKL JASUKA ini, Telkominfra berharap layanan telekomunikasi Telkom Indonesia semakin baik dengan performa unggulanya.  Terlebih bagi masyarakat setempat untuk menikmati jaringan komunikasi ini menjadi maksimal adanya kabel optik bawah laut serta mempercepat akses telekomunikasi di Indonesia.