IoT Envion Sebagai Langkah Optimalisasi Project Telkominfra

Jakarta – Telkominfra turut ambil bagian dalam peluncuran Telkomsel IoT Envion yang diadakan oleh Telkomsel Enterprise secara virtual melalui aplikasi CloudX pada Kamis, 12 Agustus 2021. Acara yang dikhususkan bagi rekan-rekan media agar dapat menjadi bagian langsung atas peluncuran teknologi Telkomsel IoT Envion telah dihadiri oleh 75 media yang meliputi media bisnis dan teknologi. Pada peluncuran Telkomsel IoT Envion mengusung tema “Efficient Energy for Better Business”, Telkomsel menjelaskan mengenai pemahaman dan manfaat penggunaan IoT Envion yang dapat di implementasikan pada berbagai sektor industri. Dalam peluncuran IoT Envion dibuka langsung oleh Hendri Mulya Syam selaku Direktur Utama Telkomsel dan dilanjutkan oleh Alfian Manullang selaku Vice President IoT Telkomsel, serta Bastian Sembiring selaku Direktur Utama Telkominfra.

Alfian Manullang menjelaskan secara rinci mengenai IoT Envion. IoT Envion (Energy Visibility Solution) adalah teknologi keluaran Telkomsel yang merupakan sebuah solusi monitoring end-to-end dengan real-time monitoring, energy usage profiling, alerting, dan failure mitigation system yang bertujuan dalam mengoptimalkan konsumsi energi dengan solusi berbasis Artificial Intelegent. Dengan IoT Envion, pelanggan dapat menjalankan operasi dengan sistem ketersediaan yang lebih baik dan mengurangi waktu dan biaya pemeliharaan.

Bastian Sembiring selaku Direktur Utama Telkominfra yang merupakan pelanggan IoT Envion hadir untuk menyampaikan kesan serta pengalaman terhadap penggunaan IoT Envion yang telah dirasakan oleh Telkominfra atas manfaat solusi IoT Envion telah dirasakan secara nyata oleh Telkominfra melalui kehadiran Battery Monitoring System (BMS) untuk keperluan dukungan Data Center. Bastian menjelaskan “Terdapat penurunan yang signifikan dari segi optimasi biaya pemeliharaan setelah menggunakan IoT Envion, hal lain yang dirasakan Telkominfra adalah lebih mudahnya mendapatkan laporan performansi dari project karena tidak perlu lagi menunggu operator mendatangi site yang dipantau”.

Memasuki sesi tanya jawab Telkominfra mendapat pertanyaan dari rekan media perihal manfaat dan dampak yang dirasakan oleh Telkominfra dari sisi produktivitas dan efisien, Bastian Sembiring mengungkapkan bahwa IoT Envion merupakan satu langkah awal yang dapat dikembangkan untuk masuk ke kegiatan operasional lainnya, saya berharap adanya perkembangan yang signifikan lagi sehingga customer dapat merasakan manfaat yang maksimal dari layanan teknologi yang sedang berkembang. Semoga dengan hadirnya IoT Envion, Telkominfra dapat semakin efisien dalam melakukan monitoring project sehingga dapat mengoptimalkan konsumsi energi dan meminimalisir cost, ucap Bastian menutup.

Semoga atas kolaborasi antara Telkomsel dan Telkominfra dapat bersama bertransformasi dengan mengadopsi teknologi digital terdepan.