Jejak Pengabdian Ranger Telkominfra di Hulu Sungai Mahakam

Menjadi anak perusahaan Telkom yang memiliki regional tersebar hampir di seluruh Indonesia membuat karyawan regional Telkominfra memiliki banyak pengalaman menarik selama menjaga kualitas project. Kali ini pengalaman menarik tersebut datang dari Tim Telkominfra Regional Kalimantan dalam memastikan layanan Power Solution kepada Telkomsel berjalan lancar.

Cerita bermula ketika Lenky, seseorang yang merupakan bagian dari Telkominfra Ranger RO Kalimantan sedang bersiap menuju Long untuk melakukan perawatan berkala alat produksi Telkominfra berupa CDC. Bukan perkara mudah untuk mencapai lokasi Long Pahangai ini, menurut Wikipedia; Long Pahangai merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Mahakam UluKalimantan TimurIndonesia. Kecamatan ini hanya dihuni oleh 1304 KK dengan jumlah keseluruhan penduduk Kecamatan Long Pahangai adalah 4.361 jiwa.

Untuk mencapai site yang berada di Long Pahangai, Lenky memulai perjalanannya dari lokasi home base-nya di Kec. Barong Tongko, Kab. Melak menggunakan travel menuju Dermaga Tering 1,5 jam. Dari Dermaga Tering kemudian Lenky harus melanjutkan perjalanan menggunakan speed boat pertama menuju Long Bagun selama 4 jam. Perjalanan awal itu menyebabkan Lenky tiba di Long Bagun pada sore hari sehingga mengharuskan Lenky menginap karena speed boat lanjutan menuju Long Pahangai baru akan berangkat esok pagi.

Meskipun menggunakan speed boat, tak jarang sang motorist menepikan speed boatnya ditengah perjalanan dan meminta penumpang untuk turun berjalan kaki kearah hulu sungai sepanjang 1 – 1,5 KM untuk menghindari derasnya sungai yang bisa dengan mudah membalikkan speed boat.  Setelah menemukan lokasi dengan arus yang cukup tenang, penumpang kembali dapat menaiki speed boat untuk melanjutkan perjalanan.

Setelah melewati riam batu (istilah lokal untuk arus deras), perjalanan menggunakan speed boat masih harus ditempuh selama 5-6 jam. Setelah istirahat sejenak, tanpa buang waktu Lenky mendaki bukit yang berjarak sekitar 500 meter menuju lokasi di mana site Long Pahangai berdiri. Lokasi ini menggunakan catuan CDC yang disediakan Telkominfra sejak bulan Oktober 2016. Lenky langsung menghubungi Penjaga Site untuk mendapatkan akses masuk site. Site ini dijaga oleh Pak Jebar yang merupakan penduduk asli setempat dari Suku Dayak Bahau. Proses perawatan lokasi secara berkala (routine maintenance/preventives maintenance) yang dilakukan Telkominfra selama sebulan sekali bertujuan memastikan layanan Power Solution Telkominfra kepada Telkomsel berjalan lancar.

Kehadiran Telkominfra dalam memberikan layanan solusi energi untuk catu BTS Telkomsel di wilayah-wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil) atau bahkan wilayah yang sebelumnya tidak memperoleh akses telekomunikasi sama sekali ini semakin mempertegas komitmen Telkominfra sebagai Power Solution Provider yang dapat diandalkan.

Semangat dan pengorbanan yang ditunjukkan oleh team CDC Regional dan Lenky Sang Ranger Telkominfra akan menjadi inspirasi dan penyemangat bagi kami untuk bisa memberikan yang terbaik bagi Telkominfra, Telkomgroup, Bangsa dan Negara Republik Indonesia tercinta. Itulah purpose mengapa Telkominfra ada di Bumi Borneo tercinta ini. Akhir kata, kami menyampaikan “…Terima kasih Telkominfra, Penugasan di RO Kalimantan adalah sebuah kehormatan…”