RAPIM TELKOMINFRA SIAP KAWAL TARGET 2022

 

Bogor – Telkominfra menyelenggarakan RAPIM Telkominfra 2022 di bulan Januari ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 20-21 Januari 2022. Tema RAPIM Telkominfra 2022 yaitu “Trusty To Be Trusted” yang menjadi pengingat dan penyemangat RAPIM Telkominfra 2022 ini, pada acara kali ini dengan konsep acara Rapat Pimpinan Telkominfra 2022 adalah 4R yaitu Olah Rasio, Olah Ruh, Olah Rasa dan Olah Raga (20/01).

Acara berlangsung secara Hybrid virtual dan fisik, untuk yang hadir fisik bertempat di ruang Serbaguna Lantai 7 WITEL Bogor. Protokol kesehatan diterapkan secara ketat guna kelancaran berlangsungnya acara pada kali ini. Sebelum acara RAPIM Telkominfra 2022 dimulai para Peserta dan Panitia dilakukan test antigen terlebih dahulu guna mencegah penyebaran virus COVID-19. RAPIM Telkominfra 2022 turut dihadiri seluruh Direksi Telkominfra: Direktur Utama Telkominfra Bastian Sembiring, Direktur Bisnis Telkominfra Imam Santoso, Direktur Operasi Telkominfra Era Kamali N, Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko Telkominfra Karno Budiono beserta Senior Leader Telkominfra yang hadir fisik di WITEL Bogor. Sementara para GM Regional, para Manager serta Seluruh Karyawan Telkominfra mengikuti RAPIM Telkominfra 2022 secara daring.

Memulai acara RAPIM Telkominfra 2022 pada kali ini di awali dengan pembukaan dengan Laporan Penyelenggara dari VP Corporate Secretary Dian Rustandi menyampaikan rangkaian acara yang akan berlangsung selama dua hari yaitu 3R: Olah Rasio, Olah Ruh & Olah Rasa pada hari pertama selanjutnya pada hari berikutnya Olah Raga. Olah Rasio berisi pemaparan dari VP Strategic Planning & Evaluation Telkominfra Dadang Darmawan, EVP Submarine Business Telkominfra Azhar Afi, Pemaparan BOD Telkominfra, Milenial Talk dengan ide ide atau innovasi yang diberikan, serta Sharing Session dari pembicara external DR. Agus Ali Fauzi sebagai pengingat agar kita semua untuk selalu menjaga kesehatan dan bahagia, Direktur Wholesale and International Business Telkom Bogi Witjaksono juga memberikan arahan dalam RAPIM Telkominfra 2022 secara daring, selanjutnya Olah Ruh dengan memberikan Corporate Social Responsibility kepada Yayasan Miftahul Mubarok dan Yayasan Yatim Piatu Afdholul Islam, dilanjutkan pada malam hari Olah Rasa oleh band internal Telkominfra di Telaga Kuring dilanjutkan besok harinya dengan Olah Raga trekking di Leuwi Hejo.

Memasuki presentasi Direktur Bisnis Telkominfra Imam Santoso, menyampaikan lesson learn pada tahun 2021 adalah pelajaran bagi kita dengan dibuat posko revenue untuk mengamankan target pada akhir bulan desember tahun lalu. Tahun 2022 yang akan kita hadapi mencari langkah yang tepat agar kejadian – kejadian tidak terulang kembali di tahun yang sedang kita hadapi sekarang. Tahun 2022 tantangan yang akan dilalui tentunya program – program yang akan dilaksanakan agar dipersiapkan dan dijalankan guna mencapai target RKAP tahun 2022.

Selanjutnya presentasi Direktur Operasi Telkominfra Era Kamali menyampaikan pada presentasinya terhadap lesseon learn tahun 2021 yang musti diperbaiki terkait Operaion & Maintenance, IT & IOC dan Process. Untuk menghadapi tahun 2022 beberapa point yang musti disiapkan yaitu membangun Capabillity, Berkolaborasi, Mempercepat proses dan Mendigitalisasikan proses yang dilakukan.

Dilanjut presentasi Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko Telkominfra Karno Budiono lesson learn yang di ambil dari tahun 2021 yaitu tentang Sourching & Capabillity terkait bagaimana esensi membangun capability seseorang untuk memajukan Telkominfra untuk yang akan datang musti dipersiapkan dan mekanismenya harus sudah ada. Dalam leading process musti ada percepatan proses dan menjaga compliance tetap dijaga. Matching Cost Against Revenue perlu di pertahankan musti selalu Zero Deficiencies dan Cost minimal harus dibawah target revenue. Quallity of Revenue kualitas pencatatan dan kelengkapan dokumen musti semakin baik untuk tahun 2022 serta Opportunity and Risk Come in Pairs, peran manajemen resiko musti ditingkatkan. Untuk tahun 2022 yang akan dihadapi persiapan dari masing – masing program: Human Capital, Financial Controller, Financial Operation dan Improvement Risk yang musti di sukseskan selaras dengan Strategic Initiative Telkominfra tahun 2022 yaitu TRUSTY.

Sebelum pemaparan dari Direktur Utama Telkominfra telah hadir pada acara kali ini Direktur Wholesale & International Service Telkom Bogi Witjaksono memberikan arahan pada RAPIM Telkominfra 2022 kali ini. Bogi Witjaksono menyampaikan yang sudah dilakukan Telkominfra pada tahun 2021 menjalankan bisnis secara pruden dengan governance yang baik dengan berhati – hati tentu juga tidak mengurangi agresivitas dan kreativitas dalam berbisnis, ini semua tidak lepas dari seluruh peran serta segenap insan Telkominfra yang mempunyai kebulatan tekad untuk mentransformasi. Masa lalu agar menjadi pembelajaran untuk menjadi lebih baik dimasa yang akan datang. Yang menjadi perhatian pada yang akan datang adalah Submarine Business, setelah diterbitkan satgas Submarine yang di ketuai oleh Direktur Utama Telkominfra diharapkan deliverable tahun ini sudah melaporkan progressnya tiap dua minggu sekali. Manage Operation, pada tahun ini cluster yang dilayani Telkominfra terus meningkat dan diperlukanya laporan triwulan berapa jumlah site yang sudah di kelola Telkominfra. Dari segment Energy masih berkaitan dengan CDC yang sudah mulai mengalami banyak perkembangan seperti real time progress yang sudah berjalan dalam IOC Telkominfra.

Memasuki paparan Direktur Utama Telkominfra Bastian Sembiring dalam arahannya menyebutkan Trusty adalah Strategy Initiatives Telkominfra di tahun 2022 agar Telkominfra dapat dipercaya oleh para Pelanggan dan Stakeholder. Lesson learn pada tahun 2021 merupakan pengalaman berharga yang dapat kita pelajari. Guna mendukung pencapaian performansi Telkominfra seluruh insan Telkominfra harus memiliki semangat yang tinggi, menggerakan seluruh kemampuan untuk menggapai target tahun 2022. Direktur Utama Telkominfra mengingatkan selalu untuk menjalankan prinsip AKHLAK dengan sebaik-baiknya. Diakhir presentasi Direktur Telkominfra menyampaikan CEO NOTES yang berisi harapannya Telkominfra mampu tumbuh dan mencapai target RKAP pada tahun 2022.

Pada puncak acara RAPIM Telkominfra 2022 dengan adanya peresmian logo Strategic Initiatives Telkominfra tahun 2022 yaitu TRUSTY. Peresmian dilakukan dengan seluruh BOD Telkominfra untuk peresmian logo TRUSTY.