Road to ENOM Project

 

Direktur Bisnis Telkominfra Imam Santoso telah melakukan kunjungan project Enhance Network Operation Model atau yang lebih dikenal dengan project ENOM untuk customer Telkomsel. Kunjungan yang dilakukan oleh Direktur Bisnis berserta jajaran Senior Leader Telkominfra ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Pelanggan Nasional selama bulan September, yang mana kegiatan ini sebagai bentuk komitmen layanan terbaik Telkominfra kepada customer Telkomsel. Kegiatan yang dihadiri oleh Arman Hazairin, SVP Network Service & Quality Telkomsel beserta Senior Leader Telkomsel ini berlangsung pada tanggal 23-24 September dimulai dengan perjalanan darat dari Jakarta menuju site Sumur Panggang Tegal, lalu site Pekalongan Timur Pekalongan dan berakhir di site Colomadu yang berada di Solo

Saat evaluasi kunjungan site, Telkomsel menyampaikan bahwa Telkominfra sudah menunjukkan perbaikan daripada sebelum ENOM, terutama pada maintenance site, serta pada corrective maintenance service impact & non service Impact. Namun Telkomsel juga menyampaikan beberapa usulan perbaikan seperti perlunya peningkatan awareness closing tiket pada system FIOLA, mempercepat penyelesaian pekerjaan varcost, peningkatan Expertise Team Maintenance Genset, dan lain sebagainya sebagai perbaikan berkelanjutan guna menghasilkan performance terbaik untuk Telkomsel pada area setempat.

Pada hari kedua, agenda dilanjutkan dengan Sharing Session and Discussion antara Telkomsel dan Telkominfra. Pada kegiatan ini Telkomsel mengapresiasi Telkominfra dengan menyebutkan bahwa pengalihan FMC ke ENOM merupakan pembuktian kapabilitas Telkominfra, juga dengan berhasilnya Telkominfra menjaga KPI Project ENOM yang berada di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Namun Telkomsel tetap berharap kepada Telkominfra agar senantiasa melakukan continuous improvement khususnya untuk project ENOM. Pada agenda ini juga dibahas mengenai persiapan pengerjaan Project ENOM Phase-2. Project ENOM Phase-2 sendiri ditargetkan launching pada 1 Oktober 2021 dengan coverage area yang lebih luas dibanding Phase-1 yaitu mencakup Jabotabek dan Jawa Barat yang merupakan Area-2 project Telkominfra.

Kunjungan yang telah berlangsung selama dua hari ini diharapkan dapat memberikan masukan untuk perbaikan berkelanjutan Project ENOM yang saat ini sedang dan akan berjalan kembali untuk phase berikutnya, selain itu juga sebagai sarana peningkatan harmonisasi dan kerja sama antara Telkominfra dan Telkomsel.