SITE VISIT KE PULAU TAK BERPENGHUNI

Konawe sebuah kota kecil yang terletak pada provinsi Sulawesi Tenggara yang mungkin tidak semua orang tahu dan pernah mengunjunginya. Pengalaman tak terlupakan ini hadir melengkapi kisah perjalanan kerja tim Telkominfra Regional Sulmapua ke pulau tak berpenghuni Harita Tanjung Karang. Perbaikan CDC menjadi alasan utama tim Telkominfra Sulmapua untuk melakukan perjalanan ke pulau Harita Tanjung Karang, Kabupaten Konawe Utara – Sulawesi Tenggara tempat site berada. Sebelum menuju lokasi utama tim mengunjungi Branch Kendari untuk berdiskusi dengan Telkom Regional guna memecahkan akar permasalahan penyebab Konawe Utara tidak terlayani dengan jaringan sekaligus membahas skema perbaikan dan target pekerjaan keesokan harinya.

Perjalanan dari Kendari ke site Harita Tanjung Karang ditempuh selama 4 jam perjalanan darat dan 3 jam perjalanan laut, lama dan jauhnya perjalanan yang dilalui karena rute dan letaknya masuk dalam kategori ekstrim site. Sebelum melakukan perjalanan ke Konawe, tim Telkominfra telah mendapatkan wejangan dari penduduk lokal setempat untuk berhati-hati karena rute laut yang dilalui terdapat binatang buas seperti buaya dan hewan liar lainnya yang sewaktu-waktu dapat muncul ke permukaan. Setelah menempuh 3 jam perjalanan laut dan dilanjutkan dengan perjalanan kaki untuk sampai ke titik site dengan akses mendaki sembari membawa peralatan perbaikan, akhirnya sampailah kami di site Harita Tanjung Karang.

Sesampainya di lokasi tim Telkominfra, perwakilan NS Kendari dan tim project lapangan langsung melakukan simulasi kerja genset dan simulasi preventive berdasarkan hasil koordinasi semua tim agar permasalahan dikemudian hari dapat diminimalisir. Setelah seharian melakukan pekerjaan tanpa terasa waktu telah menunjukan pukul 16.00 WITA, waktunya tim Telkominfra untuk meninggalkan lokasi sebelum hari semakin gelap karena perjalanan pulang masih harus melalui rute yang sama seperti waktu berangkat ditambah dengan ombak yang pasang saat sore hari semakin menambah keseruan perjalanan pulang kami. Sesampainya di perjalanan darat rasa lelah ini terbayarkan atas terhubungnya kembali jaringan di Kabupaten Konawe Utara sekaligus mendapatkan apresiasi dari NS Kendari atas perbaikan yang telah dilakukan tim Telkominfra. Semoga dengan apa yang telah tim Telkominfra lakukan dapat memberikan manfaat dan layanan jaringan terbaik sampai ke pelosok Indonesia. Jayalah Telkom Jayalah Indonesia

 

Penulis : Anriany Ismail (835831)

Penyunting : Isbat Nafiendra (965540), Amanda Ando (896260)