TEAM TELKOMINFRA PIMPIN PERCEPATAN RECOVERY GANGGUAN KABEL LAUT SMPCS PAKET 2 SORONG – JAYAPURA

PT Telkom telah menggelar kabel laut serat optik SMPCS (Sulawesi Maluku Papua Cable System)  dengan panjang total 8.722 kilometer yang menghubungkan 8 provinsi dan 34 Kabupaten/kota. Hal ini merupakan bagian dari komitmen Telkom untuk mendukung percepatan pembangunan di kawasan timur Indonesia.

Seperti di ketahui SMPCS (Sulawesi Maluku Papua Cable System) merupakan tulang punggung komunikasi Papua ke bagian Indonesia lainnya dan ke seluruh dunia. Sehingga solusi normalisasi terhadap gangguan pada link tersebut merupakan prioritas utama yang dikawal ketat oleh Telkom dan Telkominfra.

Seperti kejadian gangguan link Sorong – Jayapuraya yang sempat membuat Papua mengalami black out pada tanggal 25 Juni 2016. Untuk solusi jangka pendeknya Telkom telah mengalihkan layanan telekomunikasi ke media transmisi satelit dan radio terrestrial. Hanya saja dengan kapasitas satelit dan radio, telekomunikasi ke arah luar dan masuk ke Papua menjadi sangat terbatas. Hal ini tentunya membuat normalisasi gangguan SMPCS sangat mendesak.

Dalam rangka normalisasi SMPCS ini, Telkom bersama TelkomInfra anak perusahaan yang yang bergerak dalam pengelolaan infrastruktur telekomunikasi, berusaha melakukan perbaikan dengan skenario tercepat dan aman yang bisa dilakukan.

Perbaikan ini didukung oleh kapal CS Nusantara Explorer, kapal penggelaran dan pemeliharaan kabel laut yang berbendera Indonesia serta diawaki oleh orang Indonesia dan pengelolaan bersama dengan mitra konsorsium TelkomInfra.