TELKOMINFRA BERHASIL MENGHUBUNGKAN SKKL BALI – LOMBOK (BALOM)

Bali, 3 Desember 2021 – Penghujung tahun 2021 ini, Telkominfra Submarine Business telah berhasil menghubungkan kabel laut dari Mandalika (Lombok) sampai dengan Sanur (Bali) yang diselesaikan pada tanggal 2 Desember 2021.  Pekerjaan kabel laut yang digelar sepanjang 146KM ini dilakukan dengan Cableship Pasific Guardian.

Penyelesaian kabel laut link Mandalika – Sanur ini disaksikan oleh Direktur Utama Telkominfra Bastian Sembiring, VP. Submarine Implementation & Operation Telkominfra Nato Joko serta Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko, EGM Divisi Service Operation Telkom Akhmad Ludfy, EGM Divisi Digital Infrastructure Development Telkom Lukman Hakim dan VP Integrated Infra Program & Budget Management Telkom M. Amperandus Simanjuntak.

Penggelaran ini selaras dengan kebutuhan bandwith untuk area Lombok Mandalika, Sanur dan Nusa Penida.  Banyak tantangan dan rintangan yang ditempuh TIM Telkominfra dalam penggelaran ini yang meliputi cuaca perairan di area Balom ini seperti arus kencang lalu gelombang yang tinggi dilaut yang berdampak kepada aktifitas operasional Submarine Cable Services seperti marine survey hingga penggelaran kabel yang dilakukan.

Rintangan – rintangan yang dihadapi oleh Telkominfra khususnya Submarine Business ini sangat sulit dan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan keadaan cuaca.  Namun tidak memadamkan semangat Telkominfra khususnya Submarine Business yang sangat berdedikasi dan penuh berupaya untuk segera menyelesaikan tiap proyek dan menghubungkan tiap station agar kebutuhan bandwith bisa terealisasi, khususnya untuk mendukung dan mempercepat akses telekomunikasi di Indonesia Khususnya Objek Wisata.